KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


Rakor Persiapan Pengaturan Kebijakan dalam Verifikasi Parpol

Jumat, 30 Juni 2017 - 15:57:20 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: KPU Provinsi Kalbar - Dibaca: 99 kali


Share Berita

kpu-kalbarprov.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Pengaturan Kebijakan dalam Verifikasi Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2019 dengan KPU Kabupaten/Kota yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu mulai 30 Mei – 1 Juni 2017 bertempat di Hotel Mercure Pontianak.

Rakor ini merupakan tindaklanjut dari rakor yang diikuti oleh KPU Provinsi pada tanggal 26 s.d 28 April 2017 yang lalu yang bertujuan untuk menyamakan persepsi/pemahaman antara KPU, KPU Provinsi/KIP Aceh dan Sekretariat Jenderal KPU serta Sekreatriat KPU Provinsi/KIP Aceh dalam pelaksanaan kebijakan dan regulasi KPU terkait dengan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu tahun 2019.

Peserta rakor terdiri dari Anggota dan Kasubbag yang membidangi hukum di 14 (empat belas) kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat.

“Sosialisasi dan ujicoba Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) ini sebagai bagian usaha KPU dalam memberikan informasi dan pelayanan kepada parpol dalam mempersiapkan tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol yang akan menjadi peserta Pemilu 2019 mendatang,” tutur Ketua KPU Provinsi Umi Rifdiyawaty, SH., MH saat membuka kegiatan rakor.

Dalam kegiatan ini, peserta diajak melakukan simulasi pengisian data aplikasi SIPOL dari sudut pandang partai politik. Diharapkan dengan simulasi ini, KPU Provinsi dapat memberikan informasi kepada partai politik di tiap tingkatan.

Selanjutnya, Delfinus menghimbau agar segera membentuk Helpdesk SIPOL di tiap KPU Kabupaten/Kota untuk memberikan informasi serta membantu partai politik terkait aplikasi SIPOL.