KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

Kamis, 13 Juli 2017 - 15:32:58 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: KPU Kabupaten Ketapang - Dibaca: 42 kali

Share Berita

kpu-kalbarprov.go.id - Pontianak, "Sampai saat ini, Daftar Pemilih merupakan momok bagi penyelenggara pemilu (inzet:KPU) dan bagi demokrasi kita. Hal ini disebabkan banyaknya anggapan dari berbagai pihak dan pemangku kepentingan yang menyatakan bahwa Daftar Pemilih tidak Update", ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat Umi Rifdiyawaty, SH., MH. saat membuka kegiatan Rakor Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Provinsi Kalimantan Barat.

Beliau juga menyatakan bahwa ini menjadi catatan serta tugas berat bagi KPU Kabupaten/Kota yang melakukan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan.

Dari Pemilu legislatif 2014, KPU telah menggunakan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) untuk memutakhirkan data pemilih menjadi daftar pemilih. Hal ini juga merupakan tugas dari KPU Kabupaten/Kota dan petugas tingkat bawah bagaimana mensinkronkan data manual hasil verifikasi untuk diiput kedalam Sidalih sehingga daftar pemilih tersebut dapat diakses publik serta menjadi lebih terbuka.

Selanjutnya Komisioner KPU RI Viryan mengingatkan bahwa pentingnya sosialisasi kepada semua pemilih yang ingin menggunakan hak pilihnya harus memiliki KTP Elektronik/Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Acara yang berlangsung selama 2 hari mulai 12 - 13 Juli 2017 dilaksanakan di Aula Lt.2 KPU Provinsi Kalimantan Barat.(red)