KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


Bimtek Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan

Senin, 06 November 2017 - 16:04:49 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: Pemilihan Serentak 2018 - Dibaca: 48 kali


Share Berita

kalbar.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyerahan Syarat Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018, Senin(06/11) bertempat di Aula Lt.2 KPU Provinsi Kalimantan Barat.

Anggota KPU Provinsi Drs. Delfinus, MM membuka kegiatan tersebut didampingi Anggota lainnya, Sekretaris, Pejabat di jajaran KPU Provinsi serta dihadiri oleh bakal pasangan calon perseorangan atau tim penghubung dari Bapak Kartius.

"Acara ini dilaksanakan dengan maksud agar bakal pasangan calon perseorangan atau tim penghubung dapat memahami alur serta proses dari tahapan penyerahan syarat dukungan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018", ungkap Delfinus saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Kalimantan Barat Nomor : 16/HK.O3.1-Kpt/61/Prov/VIII/2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018, Penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan akan dilaksanakan pada tanggal 22 s.d 26 November 2017.

Untuk persyaratan bakal pasangan calon perseorangan wajib memenuhi syarat dukungan minimal dan sebaran seperti yang tertuang dalam Keputusan KPU Provinsi Kalimantan Barat Nomor : 26/HK.O3.1-Kpt/61/Prov/IX/2017 tentang Penetapan Jumlah Dukungan dan Persebarannya Bagi Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018.

"Bagi bakal pasangan calon perseorangan wajib memenuhi syarat dukungan minimal sebanyak 8,5% dari 3.539.794 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yaitu 300.883 pendukung yang tersebar di lebih dari 50% jumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat yaitu paling sedikit di 8 Kabupaten/Kota", lanjutnya.

Untuk membantu pelaksanaan tahapan pencalonan, KPU RI telah mengeluarkan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON) dalam mempermudah proses pencalonan.(red)