KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


Rakor Pelaksanaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018

Selasa, 07 November 2017 - 17:25:05 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: Pemilihan Serentak 2018 - Dibaca: 82 kali


Share Berita

kalbar.kpu.go.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018, Selasa(07/11) bertempat di Hotel Aston Pontianak.

"Saat ini tahapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018 telah memasuki beberapa tahapan diantaranya Tahapan Pendaftaran Lembaga Pemantau untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018", ungkap Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Umi Rifdiyawaty, SH., MH saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

"Selain itu, saat ini juga sedang berlangsung tahapan pembentukan Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat KPU Kabupaten/Kota untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018", lanjutnya.

Dalam waktu dekat, KPU Provinsi akan menyongsong tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilakukan pada tanggal 22 s.d. 26 November 2017 sedangkan untuk pendaftaran bakal pasangan calon akan dilaksanakan pada 8 s.d. 10 Januari 2018. Untuk tahapan pemutakhiran data pemilih akan mulai dilakukan pada 30 Desember 2017.

"Untuk tahapan pencalonan, KPU Provinsi telah berkoordinasi dengan instansi terkait serta pemangku kepentingan baik itu bakal calon perseorangan maupun partai politik peserta pemilu. sedangkan untuk tahapan pemutakhiran data pemilih, KPU Provinsi telah secara intens melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi, karena pemilih yang ingin menggunakan hak pilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018 harus memiliki KTP Elektronik atau menggunakan Surat Keterangan yang dikeluarkan oleh Disdukcapil", tambahnya.

Acara ini dihadiri oleh instansi terkait diantaranya Sekretariat DPRD Provinsi, Disdukcapil, Bawaslu Provinsi, Biro Pemerintahan Provinsi, Badan Pengembangan SDM Provinsi, Biro Hukum Provinsi, Kesbangpol Provinsi, Satpol PP Pemerintah Provinsi, Pemeriksa Daerah DKPP RI, serta dari partai politik peserta pemilu.(red)