KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


KPU Kalbar Rakor Tahapan Pemilihan Gubernur Kalbar 2018

Selasa, 14 November 2017 - 16:38:51 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: Pemilihan Serentak 2018 - Dibaca: 123 kali


Share Berita

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018, Selasa(14/11) bertempat di Aula Lt.2 KPU Provinsi Kalimantan Barat Jl. Subarkah No. 1 Pontianak Selatan.

"Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018 saat ini telah memasuki beberapa tahapan diantaranya Tahapan Pendaftaran Lembaga Pemantau untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018, pembentukan Penyelenggara Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat KPU Kabupaten/Kota untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018", ungkap Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Umi Rifdiyawaty, SH., MH saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

KPU Provinsi akan menyongsong tahapan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan dilakukan pada tanggal 22 s.d. 26 November 2017 sedangkan untuk pendaftaran bakal pasangan calon akan dilaksanakan pada 8 s.d. 10 Januari 2018. Untuk tahapan pemutakhiran data pemilih akan mulai dilakukan pada 30 Desember 2017.

Anggota KPU Provinsi Divisi Keuangan Umum dan Logistik Kasiono mengajak kepada undangan yang hadir untuk terlibat di tiap tahapan penyelenggaraan baik itu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat maupun pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota yang serentak dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni 2018.

"Sebagaimana diketahui pada pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2018 ini, selain Provinsi yang melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sanggau, dan Kabupaten Kayong Utara juga melaksanakan pemilihan Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Walikota", ungkap Kasiono.

Anggota KPU Provinsi Divisi Teknis Delfinus mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pemilihan Serentak tahun 2018 akan masuk pada tahapan pencalonan yang diawali dengan penyerahan syarat dukungan bagi bakal calon perseorangan.

"Peserta pemilihan terdiri dari 2 unsur yaitu dari unsur perseorangan dan dari unsur partai politik atau gabungan partai politik sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2017. Untuk alur penyerahan syarat dukungan dan sebaran bakal pasangan calon perseorangan dimulai dari pengumuman yang dimulai dari tanggal 9 s.d 21 November 2017 dan dilanjutkan dengan penyerahan syarat dukungan dan sebaran pada tanggal 22 s.d 26 November 2017 dengan syarat dukungan sebanyak 300.833 dukungan yang tersebar diminimal 8 kabupaten/kota. Untuk bakal pasangan calon yang diusung oleh partai politik atau gabungan partai politik harus memenuhi syarat ", jelas Delfinus.

Acara ini dihadiri oleh instansi terkait diantaranya Kapolda Kalbar, Pangdam XII Tanjungpura, Bawaslu Provinsi, BPKPD Provinsi, Biro Disdukcapil Provinsi, Kesbangpol Provinsi, Biro Pemerintahan Provinsi, Biro Hukum Provinsi, Inspektorat Provinsi, Disdikbud Provinsi, Himpsi Wilayah Kalbar, Kemenkumham Provinsi, KPP Pratama Pontianak, Pimpinan Bank Kalbar, Kepala RS Bhayangkara, Camat Pontianak Selatan, Lurah Kelurahan Akcaya, Pimpinan Partai Politik Provinsi, Media massa cetak dan elektronik, Organisasi/LSM.(red)