KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


Rakor Penataan Dapil DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota

Minggu, 03 Desember 2017 - 08:13:51 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: KPU Provinsi Kalbar - Dibaca: 114 kali


Share Berita

kalbar.kpu.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Koordinasi (RAKOR) Pembahasan Daftar Inventaris Masalah (DIM), Substansi Materi dan Evaluasi Perubahan Jumlah Penduduk dan Wilayah serta Penataan Daerah Pemilihan (DAPIL) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Kabupaten/Kota, Minggu(03/12) bertempat di Hotel Santikan Pontianak.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi umi Rifdiyawaty, SH., MH didampingi Anggota, Sekretaris, Pejabat serta adi jajaran KPU Provinsi yang dihadiri oleh Anggota KPU dan Kasubbag yang membidangi Divisi Teknis di 14 Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat.

"Tujuan diselenggarakan Rakor adalah untuk merumuskan atau merancang penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat untuk Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019. Untuk itu dibutuhkan persiapan yang matang serta dengan sebaik mungkin baik dalam hal anggaran ataupun hal teknis lainnya sehingga setiap kegiatan bisa berjalan dengan baik", ungkap Umi saat memberikan sambuatan.

"Sebagai dasar untuk menyusun dan menetapkan Dapil, KPU berpatokan pada Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) yang diberikan pemerintah", lanjutnya.

Anggota KPU Provinsi Delfinus yang membidangi Divisi Teknis menambahkan agar dalam menyusun dapil ada 7 prinsip yang harus dipatuhi sehingga penyusunan dapil dapat terlaksana dengan baik.

"Penataan Dapil mengacu pada 7 prinsip yaitu Kesetaraan nilai suara, Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsionalitas, proporsionalitas, integritas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas, serta kesinambungan", ungkapnya.(red)