KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


Rekapitulasi Dukungan Bapaslon Perseorangan, 356.608 Dukungan Yang Harus Diserahkan

Rabu, 03 Januari 2018 - 16:17:29 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: Pemilihan Serentak 2018 - Dibaca: 207 kali


Share Berita

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Setelah melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018 bertempat Hotel Mercure Pontianak Jl. Ahamd Yani No. 91 Pontianak, Rabu(03/01), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menetapkan 356.608 dukungan yang harus diserahkan oleh Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat jalur perseorangan Kartius, SH., M.Si., - H. Pensong, SE., M.Si.

Rapat Pleno Terbuka ini dipimpin langsung oleh Umi Rifdiyawaty, SH., MH., didampingi Anggota, Sekretaris, Pejabat serta Jajaran Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan tersebut dihadiri 7 KPU Kabupaten yang terdapat dukungan yang difaktual yaitu Kabupaten Sambas, Ketapang, Sintang, Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, serta Kabupaten Kubu Raya, Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon, Bawaslu Provinsi, Biro Pemerintahan Provinsi, Biro Disdukcapil Provinsi, Kesbangpol Provinsi, serta Media Massa.

"Jumlah yang harus diserahkan oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan pada masa penyerahan perbaikan syarat dukungan sebanyak 356.608 dukungan serta menambah jumlah kekurangan sebaran dukungan yaitu 2 kabupaten/kota", ungkap Umi saat membacakan hasil Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Provinsi (Model BA.8-KWK Perseorangan) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018.

*Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pasif
Saat 7 Kabupaten membacakan hasil Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Kabupaten (Model BA.7-KWK Perseorangan), yang dimulai dari Kabupaten Sambas, Ketapang, Sintang, Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, dan terakhir Kabupaten Kubu Raya, Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon Perseorangan Effendi Cingkong, SH lebih bersifat pasif dan tidak memberikan argumen terkait hasil rekapitulasi yang dibacakan oleh masing-masing Kabupaten.

Atas hasil yang dibacakan oleh masing-masing Kabupaten juga tidak mendapatkan tanggapan dari Bawaslu Provinsi yang hadir lengkap.

Adapun hasil Verifikasi Faktual antara lain :
1. Kabupaten Sambas : 15.151
2. Kabupaten Ketapang : 94.824
3. Kabupaten Sintang : 186
4. Kabupaten Kapuas Hulu : 0
5. Kabupaten Bengkayang : 2.084
6. Kabupaten Landak : 742
7. Kabupaten Kubu Raya : 9.592
Dengan total jumlah dukungan yang memenuhi syarat 122.579 dukungan.

Setelah menandatangani Berita Acara Model BA.8-KWK Perseorangan Tingkat Provinsi, selanjutnya Berita Acara tersebut diserahkan oleh Umi Rifdiyawaty kepada Tim Penghubung Bakal Pasangan Calon Perseorangan dan Bawaslu Provinsi.(red)