KOMISI PEMILIHAN UMUM PROVINSI KALIMANTAN BARAT

MELAYANI RAKYAT MENGGUNAKAN HAK PILIH


Sosialisasi Kampanye dan Dana Kampanye Pilgub 2018

Senin, 05 Februari 2018 - 16:41:13 WIB
Diposting oleh : redaksi | Kategori: Pemilu Serentak 2019 - Dibaca: 142 kali


Share Berita

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Sosialisasi Kampanye dan Dana Kampanye
Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018 bertempat di Aula Lt.2 KPU Provinsi Kalimantan Barat Jl. Subarkah No. 1 Pontianak, Senin(05/02).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Umi Rifdiyawaty, SH., MH., didampingi Anggota, Sekretaris, Pejabat serta Jajaran Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Barat.

"Ada beberapa hal yang harus difahami oleh bakal pasangan calon yang nantinya akan ditetapkan sebagai pasangan calon
terkait rambu-rambu kampanye sesuai dengan dan pengelolaan dana kampanye sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2017", ungkap Umi saat memberikan sambutan.

Dijelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi awal Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang kampanye dan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2017 tentang dana kampanye dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018.

"Terkait dana kampanye, diharapkan dari masing-masing tim pasangan calon untuk menunjuk 1 atau 2 orang yang memahami tentang komputer dan pembukuan keuangan karena kedepannya KPU akan melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) untuk pelaporan dana kampanye mulai dari laporan awal dana kampanye, laporan penerimaan sumbangan dana kampanye sampai laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye", lanjutnya.

Selanjutnya Anggota yang membidangi Divisi Kampanye Misrawi menyampaikan beberapa aturan yang berkaitan dengan pelaksanaan tahapan kampanye dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018.

"Mengacu pada Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017, Kampanye merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh tim kampanye/pasangan calon untuk menawarkan visi, misi serta program kerja dari masing-masing pasangan calon untuk meyakinkan pemilih. Untuk ruang lingkup pelaksanaan kampanye meliputi seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat. Selain itu, ada juga kampanye yang akan dilaksanakan oleh KPU Provinsi", ungkap Misrawi.

Prinsip kampanye antara lain dilaksanakan secara terbuka, jujur serta dialogis. Sedangkan untuk pelaksanaan kampanye dimulai tanggal 15 Februari sampai dengan 23 Juli 2018 jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh tim bakal pasangan calon, Bawaslu Provinsi dan Polda Provinsi Kalimantan Barat.(nzi)