Bimtek Pencalonan: Pencalonan Merupakan Core Business KPU

By Redaksi  Selasa, 12 November 2019 01:18:19 WIB - dibaca 78 kali

kalbar.kpu.go.id - Jakarta, "Tahapan Pencalonan yang akan segera dihadapi pada tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 merupakan salah satu core business-nya KPU, ini disebabkan adanya penyelenggara dan peserta pemilu didalamnya tahapan pencalonan tersebut", ungkap Ketua KPU Republik Indonesia Arief Budiman saat memberikan saat dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencalonan dan Penggunaan Sistem Informasi Pencalonan pada Pemilihan Tahun 2020.

Informasi, ada sebanyak 270 daerah yang akan menggelar Pemilihan Serentak Tahun 2020 yakni 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota di Indonesia.

"Transparansi merupakan hal penting yang patut kita jaga untuk terus membangun kepercayaan masyarakat kepada KPU selaku Penyelenggara Pemilu. Sehingga dengan Sistem Informasi Pencalonan (SILON) yang terus disempurnakan ini juga, setidaknya KPU terus berusaha menyampaikan informasi apa yang telah KPU lakukan selama tahapan Pencalonan tanpa ada yang ditutup-tutupi", tambahnya.

Lebih lanjut, Arief juga menghimbau kepada KPU secara berjenjang untuk tetap menjaga soliditas dengan baik dan berusaha untuk mempertahankan serta meningkatkan hasil baik yang telah diraih pada Penyelenggaraan Pemilu 2019 lalu dan dilanjutkan dengan membuka secara resmi bimtek tersebut didampingi Anggota KPU Evi Novida Ginting, Pramono Ubaid Tantowi dan Ilham Saputra.

Sebelum kegiatan ini dibuka oleh Arief, Kepala Biro Teknis Ibu Nur Syarifah selaku Ketua Panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai bekal dan memberikan pemahaman yang sama terkait Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pencalonan yang saat ini telah sampai pada tahap penyelesaian sebelum nantinya diundangkan melalui Kementerian Hukum dan HAM.

"Dalam tahapan Pencalonan ini, KPU akan menggunakan SILON. Selain itu, kepada para peserta agar dapat memberikan masukan terhadap SILON itu sendiri maupun Peraturan Perundang-Undangan yang digunakan dalam tahapan Pencalonan Pemilihan Serentak Tahun 2020", ungkap Nur Syarifah.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari kedepan sejak Selasa(12/11) dilaksanakan bertempat di Hotel Mercure, Sabang, Jakarta ini dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan, S.Pd.I., M.Pd., Erwin Irawan, S.Sos., M.Si., Eka Sulastri, S.Kom, dan Operator.

Selanjutnya, 34 KPU Provinsi se-Indonesia yang hadir akan mensosialisasikan serta melakukan Bimtek ini kepada seluruh KPU Kabupaten/Kota masing-masing sehingga juga mendapatkan pemahaman yang sama terkait seluruh proses pada tahapan pencalonan.(nzi)

'