Bimtek Relawan Demokrasi Pemilu 2019 Kalbar

By Redaksi  Senin, 21 Januari 2019 13:31:00 WIB - dibaca 212 kali

kalbar.kpu.go.id - Setelah melewati tahapan rekuitmen, KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap Relawan Demokrasi Pemilu 2019 ditiap-tiap Kabupaten/Kota.

"Program relawan demokrasi merupakan gerakan sosial dengan tujuan meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih dengan melibatkan peran serta masyarakat untuk ditempatkan sebagai pelopor (pioner) demokrasi bagi komunitas mereka sendiri", ungkap Ketua KPU Provinsi Ramdan, S.Pd.I., M.Pd.

Dijelaskan, bahwa sebanyak 770 orang relawan demokrasi yang terbagi di 14 Kabupaten/Kota dalam 11 basis yang terdiri dari 5 orang tiap basis yaitu:
1. Basis Keluarga
2. Basis Pemilih Pemula
3. Basis Pemilih Muda
4. Basis Pemilih Perempuan
5. Basis Pemilih Penyandang Disabilitas
6. Basis Pemilih Berkebutuhan Khusus
7. Basis Pemilih Marginal
8. Basis Komunitas
9. Basis Keagamaan
10. Basis Komunitas Demokrasi
11. Basis Warga Internet (Netizen)

"Relawan demokrasi ini akan menjadi mitra KPU ditiap tingkatan untuk memberikan sosialisasi serta pendidikan pemilih pada tiap Kabupaten/Kota", tambahnya.

Anggota KPU Provinsi Trenggani, S.Pd. yang membidangi Divisi Sosialisasi menyampaikan bahwa ini merupakan salah satu bentuk dari peran masyarakat untuk menyukseskan pemilu serentak tahun 2019 ini.

"Dengan adanya relawan demokrasi ini diharapkan mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal", ungkap Trenggani.

Tujuan dari program ini selain meningkatkan partisipasi pemilih dan kualitas proses pemilu juga untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi serta membangkitkan kesukarelaan masyarakat dalam agenda pemilu dan demokratisasi.(nzi)

'