Diklih 2019 : Keberagaman dalam Bingkai Demokrasi

By Redaksi  Selasa, 26 November 2019 10:40:40 WIB - dibaca 31 kali

kalbar.kpu.go.id - Mempawah, Dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di tiap pelaksanaan pemilihan baik itu pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Pendidikan Pemilih Tahun 2019 bertema Keberagaman dalam Bingkai Demokrasi bertempat di Wisma Candramidi Mempawah, Kabupaten Mempawah, Rabu(20/11).

Kegiatan Pendidikan Pemilih ini dihadiri oleh jajaran Forkompinda Kabupaten Mempawah, Bawaslu Kabupaten Mempawah, Instansi Pemerintah Kab. Mempawah, Camat Se-Kab. Mempawah, Kepala Desa/Lurah, Pimpinan Parpol Tingkat Kab. Mempawah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat sekitar.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan, S.Pd.I., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan, “pelaksanaan Pendidikan Pemilih di Mempawah ini berdasarkan data dari kepolisian dan Bawaslu bahwa pada penyelenggaran Pemilu Serentak Tahun 2019 per tanggal 27 Maret, Kabupaten Mempawah berada pada posisi nomor 7 daerah  terawan se-Indonesia”.

“Saya yakin atas dukungan semua pihak, dari Pemerintah Kabupaten Mempawah, seluruh stakeholder yang ada termasuk para tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Mempawah sehingga mewujudkan Kabupaten Mempawah sebagai daerah teraman nomor 2 se-Indonesia dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019,” lanjutnya.

“Ini merupakan suatu capaian yang luar biasa yang bisa kita buktikan, bahwa masyarakat kita sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi. Peran dari semua stakeholder yang ada, tokoh agama, tokoh masyarakat, kepala desa, dan warga itu sendiri, mereka menyadari betapa pentingnya keamanan, kenyamanan dalam penyelenggaraan pemilihan di setiap daerah,” tambahnya.

Selanjutnya Ramdan berterima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan izin untuk melaksanakan kegiatan Pendidikan Pemilih di Kabupaten Mempawah, dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam mewujudkan kegiatan Pendidikan Pemilih tersebut sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Kegiatan yang bersifat santai namun serius tersebut menghadirkan Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat, Erwin Irawan, S.Sos., M.Si. dan Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat, Ruhermansyah, S.H. sebagai Narasumber.

Erwin mengungkapkan dalam pemaparannya bahwa tema Keberagaman dalam Bingkai Demokrasi ini sangat relevan dengan kondisi nyata Indonesia yang kaya akan keberagaman.

“Dalan keberagaman tentu ada suatu keputusan. Semua keputusan yang dibuat dalam keberagaman harus mengayomi semua pihak,” ungkap Erwin.

Kemudian Ruhermansyah dalam pemaparannya mengungkapkan “Bawaslu memetakan keragaman terhadap gangguan penyelenggaraan Pemilu. Dimensi penyelenggaraan Pemilu melakukan pemetaan apakah di suatu daerah penyelenggaraan pemilunya sering diintimidasi atau tidak kemudian memberikan skor”.

Ia melanjutkan bahwa selain faktor intimidasi juga ada faktor integritas yang apabila tidak dijaga integritas tersebut dalam penyelenggaraan Pemilu, maka akan memicu konflik.

Kegiatan berlangsung dengan kondusif dan aktif, terlihat dari antusias audiens yang hadir mengajukan pertanyaan serta masukan yang diberikan demi terselenggaranya penyelenggaraan pemilu yang lebih baik kedepannya.(shfi)

'