Diklih 2019: Partisipasi Kita, Prestasi Bangsa

By Redaksi  Senin, 18 November 2019 12:54:31 WIB - dibaca 47 kali

kalbar.kpu.go.id - Singkawang, Untuk meningkatkan partisipasi pemilih di tiap pelaksanaan pemilihan baik itu pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Pendidikan Pemilih Tahun 2019 bertema Prestasi Kita, Prestasu Bangsa bertempat di Aula Hotel Taman Sari Singkawang, Kota Singkawang, Senin(18/11).

Kegiatan ini mengundang Walikota Singkawang, Jajaran Forkompinda Kota Singkawang, Bawaslu Kota Singkawang, KPU Kota Singkawang, mantan penyelenggara Badan Adhock, Pimpinan Partai Politik, Ormas serta LSM yang ada di Kota Singkawang serta tokoh masyarakat sekitar.

Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Sofian mengucapkan selamat kepada KPU Provinsi Kalimantan Barat yang telah menerima penghargaan dari KPU RI sebagai lembaga pelayanan publik PPID Terinformatif dengan wilayah Satker tingkat Menengah dari KPU RI.

"Kota Singkawang hingga saat ini terus berusaha untuk melakukan pembangunan dalam berbagai sektor dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Singkawang antara lain seperti pembangunan Bandar Udara", ungkap Kepala Kesbangpol.

"Kota Singkawang yang merupakan kota yang sangat unik dan plural akan terus berusaha untuk mempertahankan penghargaan sebagai Kota ter-Toleran se-Indonesia yang telah diberikan dengan dukungan dari semua pihak dalam rangka mewujudkan kehidupan yang harmonis dalam keberagaman yang saling menghargai", pungkas Kepala Kesbangpol.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Ramdan, S.Pd.I., M.Pd. mengucapkan terima kasih atas sambutan serta seluruh bantuan yang diberikan oleh KPU Kota Singkawang dan Pemerintah Kota Singkawang sehingga kegiatan ini dapat terselenggara.

Sebagaimana informasi di Kota Singkawang, partisipasi pada Tahun 2014, Pemilu Presiden: 57,16%; Pemilu Legislatif: 57,99%, sedangkan Partisipasi pada Tahun 2019, Pemilu Presiden: 72,62%; Pemilu Legislatif: 72,62%.

"Kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Singkawang, walaupun tingkat partisipasi meningkat baik itu pemilu Presiden maupun legislatif namun yang merupakan terendah dari Kabupaten/Kota lain di Provinsi Kalimantan Barat", tambahnya.

"Selaku penyelenggara pemilu, KPU membutuhkan partisipasi, kerjasama, serta masukan dari hadirin yang hadir sehingga penyelenggaraan pemilu kedepannya dapat terlaksana dengan baik dan dapat juga meningkat Partisipasi di Kota Singkawang ini", pungkas Ramdan dan membuka secara resmi kegiatan dimaksud.

Kegiatan yang bersifat santai namun serius tersebut menghadirkan Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat, Mujiyo, S.Pd. sebagai Narasumber.

Mujiyo mengungkap bahwa untuk meningkatkan partisipasi pada penyelenggaraan pemilu kedepannya, ada beberapa strategi sosialisasi yang dapat ditempuh.

"Strategi sosialisasi itu diantaranya secara langsung dan tidak langsung. Untuk sosialisasi secara langsung seperti Tatap muka
Kunjungan ke lapangan, Kursus kepemiluan dan Relawan demokrasi. Untuk sosialisasi secara tidak langsung yakni melalui media seperti penggunaan media sosial dan media online untuk bersosialisasi", ungkap Mujiyo.

Setelah pemaparan materi, antusias audiens yang hadir dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan serta masukan yang diberikan demi terselenggaranya penyelenggaraan pemilu yang lebih baik kedepannya.(nzi)

'