FGD Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2019

By Redaksi  Kamis, 27 Desember 2018 18:19:21 WIB - dibaca 81 kali

kalbar.kpu.go.id, Pontianak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 bertempat di Hotel mercure Pontianak, Kamis(27/12).

"Ada beberapa pokok bahasan yang akan kita bahas pada kegiatan FGD saat ini untuk mendapatkan masukan serta tanggapan sehingga menjadi masukkan, saran, serta ide secara teknis supaya kedepannya pemilu yang dilaksanakan menjadi lebih baik", ungkap Ketua KPU Provinsi Ramdan, S.Pd.I., M.Pd. saat menyampaikan sambutan.

Dijelaskan, dari 11 tahapan yang tertuang dalam Peraturan KPU, saat ini telah terlaksana 7 tahapan diantaranya pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

"Setelah pelaksanaan kegiatan ini, dari hasil FGD ini akan kami sampaikan kepada KPU untuk menjadi masukkan", tambahnya.

Yang menjadi fasilitator pada kegiatan ini adalah Drs. A. R. Muzammil, M.Si (Ketua KPU Provinsi Periode 2008 - 2013), dan Umi Rifdiyawaty, S.H., M.H. Ketua KPU Provinsi Periode 2013 - 2018).

*Umi Rifdiyawati
Selaku fasilitator, Umi membahas 4 pokok bahas yaitu :
1. Pendaftaran dan Verifikasi Peserta Pemilu;
2. Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota;
3. Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih; dan
4. Logistik

*AR Muzammil
1. Pembentukan Badan Adhock;
2. Kampanye dan Sosialisasi; dan
3. Pemungutan dan Perhitungan serta Rekapitulasi Hasil Pemungutan Suara.

Acara ini melibatkan peserta antara lain Kapolda Kalbar, Bawaslu Provinsi, Biro Dukcapil Provinsi, Biro Pemerintahan Provinsi, Satpol Provinsi, Kesbangpol Provinsi, Akademisi, BKOW Provinsi, Jari Borneo, AJI, PPDI Provinsi, JPPR, BEM Untan, Blogger Pontianak.(nzi)

'