KPK dan KPU Kalbar Selenggarakan Sosialisasi Komunitas Pemilih Berintegritas

By Redaksi  Senin, 07 Mei 2018 16:51:15 WIB - dibaca 241 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Bertempat di Aula Lt.2 KPU Provinsi Kalimantan Barat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat selenggarakan Sosialisasi Komunitas Pemilih Berintergritas kepada Civil Society Organization (CSO) dan media, Senin(7/5).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kalimanmtan Barat Umi Rifdiyawaty, SH., MH, didampingi Anggota, Pejabat serta Jajaran Sekretariat KPU Provinsi Kalimantan Barat.

"Ini merupakan kegiatan KPK yang dilakukan di beberapa daerah, dan kita di Provinsi Kalimantan Barat menjadi salah satu penyelenggara kegiatan dimaksud," ungkap Umi saat memberikan sambutan.

Dijelaskan, dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan kita mendapatkan informasi serta pemahaman yang sama tentang bagaimana peran kita sebagai komunitas atau kelompok masyarakat untuk ikut berpartisipasi terhadap penyelenggara negara atau pejabat daerah dalam mengelola pemerintahan terutama dalam penggunaan dana negara maupun dana daerah.

"Tentu kita sudah gerah terhadap informasi yang sering kita dengar dari media yang menyampaikan bahwa makin banyak pejabat-pejabat yang ditangkap terkait kasus korupsi. Ini menjadi sangat memprihatinkan dikarenakan sebagian dari pejabat tersebut merupakan hasil pemilu yang merupakan pilihan dari masyarakat sehingga kita mengharapkan adanya suatu upaya yang sistematis dari awal hingga akhir untuk mencegah tindak pindak korupsi tersebut", lanjutnya.

"Hal ini juga berdampak pada KPU sebagai penyelenggara pemilihan untuk meningkatkan partisipasi pemilih", tambahnya.

Kegaiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Perwakilan KPK yaitu Adi Prasetyo dengan tema Peran Serta Masyarakat Dalam Pengawasan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.(nzi)

'