KPU Goes To Campus, Pemilih Cerdas Pemilu Bersih 2019

By Redaksi  Kamis, 13 Desember 2018 16:10:01 WIB - dibaca 227 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Sasar pemilih berbasis pemula, KPU Provinsi Kalimantan Barat gelar kegiatan KPU Goes to Campus dengan tema Pemilih Cerdas Pemilu Bersih Tahun 2019 yang dilaksanakan di kampus IKIP PGRI Pontianak, Kamis(13/12).

"Jadikan ini adalah sebagai momentum untuk kita memulai bagaimana kita membangun peradaban serta bagaimana membangun sistem ketatanegaraan yang bermula dari konstituen atau tingkat pemilih sehingga kita benar-benar memahami bahwa membangun bangsa tidak hanya dengan ikut langsung sebagai peserta pemilu namun kita juga dapat menentukan siapa yang layak untuk mewakili kita di tingkat kabupaten/kota, provinsi, pusat maupun yang layak kita pilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang mengemban visi dan misi dari negara kita serta membawa negara Indonesia semakin baik", ungkap Wakil Rektor I IKIP PGRI Pontianak Suherdiyanto, S.Pd, M.Pd. saat memberikan sambutan.

Hal ini merupakan tantangan berat bagi dunia pendidikan dalam hal ini perguruan tinggi untuk memberikan pemahaman bagi mahasiswa yang sebagaian besar merupakan pemilih pemula yang awalnya menjadi tugas KPU tapi sekarang juga menjadi tugas bersama yaitu StakeHolder dan lapisan masyarakat yang merasa NKRI harga mati jelasnya.

"Jika kita ingin melihat demokrasi kita berjalan dengan baik dan sesuai dengan konstitusi adalah dengan memulai memberikan pemahaman yang utuh dan konferehensif kepada pemilih pemula atau warga negara untuk memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara terutama dalam menentukan hak pilihnya", tambahnya.

"Kegiatan ini dapat menjadi sebagai salah satu sarana sosialisasi untuk menekan tingkat golput yang ada serta dapat meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu. Karena jika golput maka kita dianggap tidak menentukan pilihan dan tidak merasa bertanggungjawab terhadap apa yang terjadi dengan sistem ketatanegaraan kita", imbuhnya.

Jangan sampai pada pemilu tahun 2019 ini kita menjadi terpecah belah hanya karena isu ras, suku, agama hanya karena perbedaan politik, karena tujuan utama dari politik adalah bagaimana kita mencapai visi dan misi kita sebagai rakyat yang bernegara yang sesuai dengan konstitusi dan aturan yang berlaku himbaunya.

Kegiatan dengan konsep Talk Show ini menghadirkan narasumber antara lain Wakil Rektor II IKIP PGRI Pontianak Muhamad Firdaus, S.Pd, M.Pd., Anggota KPU Kalbar Divisi Sosialisasi Trenggani, S.Pd., dan Divisi Teknis Erwin Irawan, S.Sos., M.Si. dengan moderator Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Deni Trisna Dyah, S.H., M.H., dan PIC Dekan MIPA IKIP PGRI Pontianak Yudi Dharma, S.Pd., M.Pd. serta dimeriahkan dengan acara hiburan dari Fani n Friend dan doorprize.

Acara ini berlangsung lancar serta mendapat antusias yang tinggi dari peserta yang hadir sejumlah kurang lebih 200 orang dengan memanfaatkan moment ini untuk berinterksi secara langsung kepada narasumber.

Selanjutnya kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan trophy kepada para pemenang smart competition for election 2019 yang dilaksanakan sehari sebelumnya, rabu(12/12).nzi

'