KPU Kalbar Bimtek LPSDK dan Sidakam Kepada Peserta Pemilu Tingkat Provinsi

By Redaksi  Selasa, 18 Desember 2018 19:16:22 WIB - dibaca 72 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat selenggarakan Bimbingan Teknis Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan Aplikasi Dana Kampanye (Sidakam) kepada Peserta Pemilu Tahun 2019 di Tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Acara yang diselenggarakan selama 2 hari di Hotel Mercure Pontianak di bagi 2 hari, hari pertama Senin(17/12) kepada 16 Parpol dan 2 Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden. Untuk hari kedua Selasa(18/12) kepada 20 orang Calon Perseorangan Anggota DPD Daerah Pemilihan Kalimantan Barat.

*Bimtek Kepada Parpol dan Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden
Bimtek yang dilaksanakan pada Senin(17/12) dilaksanakan kepada 16 Partai Politik dan 2 Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, acara di buka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Ramdan, S.Pd.I., M.Pd.

"Ada beberapa point penting yang menjadi perhatian kita bersama dalam pelaporan LPSDK dan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK) nantinya agar dapat sesuai dengan aturan yang telah tertuang dalam Peraturan KPU terkait Dana Kampanye dan Kampanye", ungkap Ramdan saat memberikan sambutan.

Anggota KPU Provinsi yang membidangi Divisi Hukum Mujiyo, S.Pd selanjutnya menyampaikan materi terkait kebijakan KPU dalam Pelaporan Dana Kampanye. Dilanjutkan dengan simulasi pengisian transaksi penerimaan dan pengeluaran ke dalam Aplikasi Sidakam yang dipandu oleh Kasubbag Hukum Faisal Abdul Halid, S.H., M.H.

*Bimtek Kepada Calon Perseorangan
Pada hari selanjutnya Selasa(18/12) Bimtek dilaksanakan kepada Calon Perseorangan Anggota DPD Dapil Kalbar, dibuka oleh Mujiyo dan dihadiri sebanyak 19 orang Calon Perseorangan Anggota DPD sedangkan yang dari calon dr. Ikke Wisaksono tidak dapat hadir.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada semua Peserta Pemilu terkait penyampaian LPSDK dalam Aplikasi Sidakam.

"Diharapkan agar seluruh pelaporan yang dilakukan baik itu oleh parpol, tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan calon perseorangan DPD dapat berjalan dengan baik serta sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan sehingga saat pelaksanaan audit terkait dana kampanye yang dilakukan oleh auditor dapat terlaksana dengan lancar", ungkap Mujiyo saat menutup kegiatan dimaksud.

Faisal Abdul Halid menyampaikan bahwa KPU Provinsi telah menyiapkan Helpdesk yang memberikan ruang kepada semua peserta pemilu tingkat provinsi untuk berkonsultasi terkait pelaporan dan aplikasi yang digunakan dengan datang langsung ke kantor KPU Provinsi Jl. Subarkah No. 1 Pontianak.(n_o)

DOWNLOAD MATERI

'