KPU Kalbar Gelar Bimtek Audit Dana Kampanye

By Redaksi  Sabtu, 01 Desember 2018 22:06:20 WIB - dibaca 129 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, KPU Kalbar melakukan Bimtek Audit Dana Kampanye kepada KPU Kabupaten/Kota pada tanggal 29 November 2018 s.d 1 Desember 2018. Bimtek ini diselenggarakan di Hotel Harris Pontianak selama 3 hari yang dilakukan langsung oleh Bapak Mujiyo, S.Pd. selaku Anggota KPU Divisi Hukum dan Pengawasan.

Dalam pembukaan tersebut, ada beberapa point penting yang harus kita pahami bersama dalam laporan dana kampanye peserta pemilu ujar Mujiyo, Anggota KPU Provinsi selaku Divisi Hukum yang membidangi Dana Kampanye.

Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Deni Trisna Dyah, S.H., M.H. selaku ketua panitia kegiatan melaporkan bahwa acara tersebut dihadiri oleh 14 Kabupaten/Kota se- Kalimantan Barat dengan jumlah peserta 42 orang, yang terdiri dari Anggota KPU Kabupaten/Kota Divisi Hukum, Kepala Sub Bagian Hukum dan operator dana kampanye di masing-masing KPU Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil kegiatan Bimtek yang diikuti di Yogyakarta pada tanggal 22 s.d. 24 Nov 2018 yang lalu.

Materi yang diberikan pada Bimtek ini diantaranya adalah Kebijakan Laporan Dana Kampanye, Pemaparan Kegiatan Divivi Hukum Tahun 2019, Pelaporan LPSDK dan LPPDK, Mekanisme Pengembalian Sumbangan ke Kas Negara, Pedoman Audit Dana Kampanye Pemilu 2019, Prinsip Dasar Pelaksanaan dan Hasil Audit Dana Kampanye, Manajemen Perselisihan Hasil Pemilu 2019 dan Aplikasi Dana Kampanye. 

Mujiyo mengingatkan kalau tanggal 2 Januari 2019 nanti kita akan menerima Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye dari peserta pemilu, jadi mulai dari sekarang kita harus menyiapkan diri untuk menerima laporan tersebut.

Kabag Keuangan, Umum dan Logistik Asriliyanti yang juga selaku Ketua ULP KPU Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan materi mengenai Mekanisme Pengembalian Sumbangan ke Kas Negara. Dalam hal ini, ada 2 mekanisme yang dapat ditempuh oleh peserta pemilu yaitu menyetorkan sendiri ke KPPN ataupun di fasilitasi oleh KPU setempat.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini juga dihadiri oleh Pejabat serta jajaran KPU Provinsi Kalimantan Barat dan juga dihadiri oleh tim Sekretariat KPU RI guna memonitor langsung pelaksanaan kegiatan tersebut.(N_O)

*Materi Bimbingan Teknis Pedoman Audit Dana Kampanye hari ini dapat diunduh di tautan: DOWNLOAD

'