KPU Kalbar Gelar Bimtek Tungsura

By Redaksi  Rabu, 14 November 2018 16:59:21 WIB - dibaca 113 kali

kalbar.kpu.go.id – Ramdan, S.Pd.I., M.Pd. Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara serta Penetapan Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019 didampingi Anggota dan Sekretaris, bertempat di Hotel Golden Tulip Pontianak, Senin (12/11).

“KPU selaku penyelenggara harus bekerja secara professional agar pemilu serantak yang akan kita laksanakan dapat berjalan dengan aman, jujur serta transparan sehingga terciptanya suatu pemilu yang berintegritas”, ungkap Ramdan.

Ramdan juga mengingatkan pada seluruh penyelenggara pemilu baik itu KPU maupun Badan Adhock agar selalu menciptakan komunikasi yang lancar sehingga koordinasi dapat selalu dilakukan dengan maksimal.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman yang sama kepada penyelenggara Pemilu di tingkat KPU Kabupaten/Kota mengenai rencana kebijakan pemungutan penghitungan dan Rekapitulasi suara pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota Tahun 2019.

Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas Deni Trisna Dyah, S.H., M.H. selaku ketua panitia kegiatan melaporkan bahwa acara tersebut dihadiri oleh 14 Kabupaten/Kota se- Kalimantan Barat dengan jumlah peserta 28 orang, yang terdiri dari Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu dan Kasubbag Teknis Hupmas.

Kegiatan ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil kegiatan Bimtek yang diikuti di Bangka Belitung lalu.

Materi yang diberikan pada Bimtek ini diantaranya adalah Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu, Penetapan Hasil Pemilu, Perolehan Kursi dan Calon Terpilih.

Erwin Irawan selaku divisi teknis menegaskan bahwa pada tanggal 17 April 2019 nanti pelaksanaan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara sudah selesai dilaksanakan di tingkat KPPS dengan aman dan transparan.

"Ini menjadi perhatian kita bersama sehingga pelaksanaan tahapan di tingkat KPPS dapat selesai sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan", ungkap Erwin.

Divisi Sosialisasi Trenggani juga mengingatkan kepada KPU Kabupaten/Kota untuk menyerahkan APK yang difasilitasi kepada semua peserta pemilu.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini juga dihadiri oleh Pejabat serta jajaran KPU Provinsi Kalimantan Barat dan juga dihadiri oleh tim Sekretariat KPU RI guna memonitor langsung pelaksanaan kegiatan tersebut.(3k)

'