KPU Kalbar Gelar Sosialisasi dan Percermatan Contoh Surat Suara

By Redaksi  Senin, 10 Desember 2018 17:04:59 WIB - dibaca 398 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, KPU Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Sosialisasi dan Pencermatan Contoh/Dummy Surat Suara Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019, bertempat di KPU Provinsi Kalimantan Barat Jl. Subarkah No. 1 Pontianak, Senin(10/12).

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pemahaman terkait warna, ukuran, dan bentuk surat suara yang akan digunakan pada Pemilu Tahun 2019", ungkap Ketua KPU Provinsi Ramdan, S.Pd.I., M.Pd.

Banyak informasi yang beredar terkait surat suara yang akan digunakan, namun hal itu masih belum bisa dinyatakan kebenarannya karena bukan dari KPU selaku penyelenggara Pemilu.

Selanjutnya Erwin Irawan selaku Divisi Teknis menyampaikan bahwa Surat Suara yang akan digunakan pada pemilu tahun 2019 berdasarkan Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018 tentang Desain Surat Suara dan Desain Alat Bantu Coblos (Template) Bagi Pemilih Tunanetra Pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

"Hanya ada 2 jenis surat suara yang menggunakan foto, surat suara pemilu presiden dan wakil presiden dan surat suara pemilu anggota DPD sedangkan untuk 3 lainnya, surat suara pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi, dan surat suara pemilihan umum anggota DPRD Kabupaten/Kota hanya menggunakan nama", ungkap Erwin.

Dijelaskan, surat suara pemilu presiden dan wakil presiden akan menggunakan warna abu-abu gelap dengan ukuran 22 x 31 cm, anggota DPR mengunakan warna kuning dengan ukuran 51 x 82 cm, anggota DPD mnenggunakan warna merah dengan ukuran berbeda-beda sesuai dengan jumlah calon yang telah ditetapkan, anggota DPRD Provinsi menggunakan warna biru dengan ukuran 51 x 82 cm, dan surat suara pemilu anggota DPRD Kabupaten/Kota menggunakan warna hijau dengan ukuran 51 x 82 cm.

"Masing-masing surat suara akan lebih mudah dikenal dengan pembedaan warna, serta akan lebih memudahkan baik KPPS pada hari pelaksanaan serta bagi partai politik dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat", tambahnya

"Selain itu, seluruh surat suara juga menggunakan Pengaman/tanda khusus pada surat suara yaitu microtext agar surat suara tersebut tidak dapat disalahgunakan", pungkasnya.

"Sebagai informasi bahwa Logistik Pemilu tahun 2019 saat ini telah sampai didistribusikan kepada KPU Kabupaten/Kota seperti Alat Coblos, Kotak Suara, dan Bilik Suara berdasarkan Jumlah Pemilih terakhir yaitu DPTHP-2", tambah Ramdan saat menutup kegiatan tersebut.

Acara ini dihadiri oleh 15 partai politik peserta pemilu tahun 2019 karena PSI tidak dapat hadir dan Bawaslu Provinsi.

Mari Sukseskan Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 dengan Mendatangi TPS untuk memberikan Hak Pilih pada Rabu, 17 April 2019.(nzi)

'