KPU KALBAR TETAPKAN 3.053 DAFTAR PEMILIH KHUSUS

By Administrator  Selasa, 01 Juli 2014 23:27:17 WIB - dibaca 777 kali

kpu-kalbarprov.go.id - Pontianak, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Barat menetapkan sebanyak 3.053 pemilih dalam Daftar Pemilih Khusus Pemilu Presiden dan Wakil Presiden tahun 2014, Selasa (1/7) di Hotel Kapuas Palace.

“Berdasarkan Peraturan KPU nomor 9 Tahun 2014 tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, bahwa Daftar Pemilih Khusus (DPK) ditetapkan oleh KPU Provinsi tujuh hari sebelum tanggal pemungutan suara,” kata Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawaty, SH. MH.

Menurutnya, Daftar Pemilih Khusus ditetapkan untuk mengakomodir masyarakat baik yang memiliki kartu identitas kependudukan atau tidak, namun belum masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb),” terangnya.

Daftar Pemilih Khusus di Kalimantan Barat, tersebar di 95 kecamatan, 255 desa/keluarahan dan 615 tempat pemungutan suara (TPS) di 14 Kabupaten/ Kota se- Kalimantan Barat.

“Sebelum ditetapkan di tingkat provinsi, Daftar Pemilih Khusus terlebih dahulu disusun di tingkat KPU Kabupaten/Kota,” ujarnya.

Pada saat Rapat Pleno Penetapan DPK tersebut, KPU Provinsi Kalimantan Barat juga menyampaikan data terkait Pemilih yang sudah ditetapkan dalam DPT, tetapi berdasarkan informasi dari penyelenggara di tingkat bawah maupun berdasarkan rekomendasi Panwaslu Kabupaten/Kota Tidak lagi Memenuhi Syarat, yang terdiri atas meninggal dunia 336 pemilih, anggota TNI/Polri 8 pemilih, belum cukup umur 5 pemilih, tidak dikenal 316 pemilih, pindah domisili 1.675, pemilih ganda 1.784 pemilih. Selanjutnya pemilih tersebut akan dicoret.

Dijelaskan mantan ketua KPU Sambas ini, bagi warga yang sudah memenuhi syarat memilih, namun belum terdaftar di DPT, DPTb, dan DPK, masyarakat tersebut bisa menggunakan hak pilihnya pada pada saat Pemungutan suara tanggal 9 Juli nanti.

”Syaratnya, warga yang bersangkutan membawa kartu identitas, berupa KTP atau KK atau sejenis lainnya, memilih di TPS sesuai alamat yang tertera dalam kartu identitasnya dan memilih satu jam sebelum berakhirnya proses pemungutan suara,” pemilih seperti ini masuk dalam Daftar Pemilih Khusus Tambahan (DPKTb).

Keputusan KPU Kalbar No. 45 Tahun 2014

LIHAT FOTO KEGIATAN

'