Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pilgub Kalbar 2018

By Redaksi  Selasa, 13 Februari 2018 17:02:40 WIB - dibaca 671 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Setelah menetapkan Bakal Pasangan Calon menjadi Pasangan Calon (paslon) Peserta Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2018 sehari sebelumnya, Senin(12/02), selanjutnya bertempat di Hotel Aston Pontianak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat , Selasa(13/02).

Pasangan Calon hadir dengan menggunakan pakaian yang menjadi ciri khas mereka masing-masing dengan didampingi partai politik (parpol)/gabungan parpol pengusung, tim dan pendukung yang dengan antusias hadir untuk memeriahkan kegiatan rapat pleno tersebut.

Acara yang dimulai pukul 09.30 WIB kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Umi Rifdiyawaty, SH., MH., didampingi Anggota, Sekretaris, Pejabat serta Jajaran di KPU Provinsi Kalimantan Barat.

"Ada 3 Tahap yang akan kita dilakukan oleh paslon untuk mendapatkan nomor urut secara bergantian. Tahap pertama, KPU Provinsi akan memanggil paslon sesuai urutan pendaftaran untuk mengambil bola didalam tabung yang berisi nomor kesempatan pengambilan nomor urut. Tahap kedua, paslon akan dipanggil sesuai nomor urut kesempatan untuk kemudian mengambil kembali bola yang tersimpan didalam tabung yang berisi simbol. Tahap terakhir, paslon akan mengambil kotak berisi nomor urut yang diatasnya terdapat simbol sesuai dengan yang paslon dapatkan dalam bola tersebut", ungkap Umi saat menjabarkan tatacara pengambilan nomor urut paslon.

"Setelah menerima kotak sesuai dengan kode simbol, selanjutnya paslon akan membuka secara bersama-sama untuk melihat nomor urut pasangan calon dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Guibernur Kalimantan Barat Tahun 2018", lanjutnya.

Pada proses ini, KPU Provinsi melibatkan Bawaslu Provinsi untuk melakukan proses memasukkan bola kedalam tabung, Baik itu bola yang berisi nomor kesempatan dan kode simbol kotak yang berisi nomor urut serta merubah kotak tersebut dengan disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir pada rapat pleno tersebut.

Pada saat pengambilan nomor urut kesempatan, pasangan calon Karolin-Gidot mendapatkan nomor kesempatan 1, pasangan calon Midji-Norsan mendapat nomor kesempatan 2, sedangkan pasangan calon Milton-Boyman mendapatkan nomor kesempatan 3.

Untuk pengambilan berikutnya, pasangan Karolin-Gidot mendapatkan simbol segi empat, pasangan Midji-Norsan mendapat simbol segitiga, dan pasangan Milton-Boyman mendapat simbol lingkaran.

Setelah mengambil kotak sesuai dengan simbol-simbol yang dipegang, ketiga paslon bersama-sama membuka kotak yang berisi nomor urut pasangan calon.
Berikut hasil yang nomor urut paslon yang ditetapkan oleh KPU Provinsi :
1. Nomor urut 1, Pasangan calon Drs. Milton Crosby, M.Si dan H. Boyman Harun, SH;
2. Nomor urut 2, Pasangan calon dr. Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot, M.Pd;
3. Nomor urut 3, Pasangan calon H. Sutarmidji, SH., M.Hum. dan Drs. H. Ria Norsan, MM., MH.

Kegiatan yang dihadiri oleh Pj. Gubernur, Forkompinda, Tokoh Masyarakat dan stake holder ini kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri.(nzi)

DOWNLOAD KEPUTUSAN NO URUT

'