Pendaftaran Calon Anggota KPU Kalbar Dibuka, Ini Persyaratannya

By Redaksi  Rabu, 07 Februari 2018 16:32:40 WIB - dibaca 1317 kali

kalbar.kpu.go.id - Jelang berakhirnya masa kerja komisioner KPU Provinsi Kalbar periode 2013-2018 pada 24 Mei 2018 mendatang, pendaftaran untuk calon anggota KPU Provinsi yang baru akan segera dibuka.

Pada konferensi pers di Kantor KPU Provinsi Kalbar, Pontianak, Selasa (6/2) pagi, tim seleksi (timsel) mengumumkan tahapan seleksi di mana pendaftaran akan dimulai pada 12-21 Februari.

Bagi mereka yang ingin mendaftar, Ketua Timsel AR Muzammil mengatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

"Ada syarat yang harus dipenuhi untun mereka yang ingin menjadi anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Barat," ujarnya.

Berdasarkan Pasal 5 ayat 1 Peraturan KPU RI Nomor 7 Tahun 2018 tentang Seleksi Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, dalam rilis timsel disebutkan persyaratan calon anggota harus warga negara Indonesia.

Selanjutnya, pada saat mendaftar berusia paling rendah 35 tahun. Setia kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi.

Mempunyai integritas, kepribadian yang kuat, jujur, dan adil. Memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, dan kepartaian.

Berpendidikan minimal S1. Berdomisili di wilayah daerah provinsi yang bersangkutan yang dibuktikan dengan KTP Elektronik. Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

Telah mengundurkan diri dari keanggotaan parpol paling singkat lima tahun pada saaf mendaftar sebagai calon. Mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau BUMN/BUMD pada saat mendaftar.

Bersedia mengundurkan diri dari kepengurusan ormas yang berbadan hukum dan tidak berbadan hukum apabila telah terpilih menjadi anggota KPU Provinsi, yang dibuktikan dengan surat pernyataan.

Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

Bersedia bekerja penuh waktu, yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih.

Tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara Pemilu. Tidak pernah diberhentikan tetap atas dasar putusan DKPP. Dan belum pernah menjabat sebagai anggota KPU Provinsi selama dua kali masa jabatan yang sama.

Sumber : http://suarapemredkalbar.com/berita/ponticity/2018/02/07/pendaftaran-calon-anggota-kpu-kalbar-dibuka-ini-persyaratannya

'