Pendidikan Pemilu : Ayo Datang Ke TPS, Rabu 17 April 2019

By Redaksi  Sabtu, 06 April 2019 23:15:10 WIB - dibaca 386 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Pendidikan Pemilu Tahun 2019 dengan tema Ayo Datang ke TPS Rabu, 17 April 2019, bertempat di Halaman Kantor Camat Sui Kakap Jl. Raya Sui Kakap, Kuburaya, Sabtu(06/04).

Camat Sui Kakap, Kabupaten Kuburaya, Tugiono menyambut baik atas kegiatan yang dilakukan oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat guna memberikan sosialisasi sekaligus pembelajaran tentang kepemiluan kepada masyarakat Sui Kakap yang hadir.

"Dari masyarakat yang hadir saat ini, setidaknya dapat menyampaikan informasi yang didapatkan kepada masyarakat lain seperti keluarga maupun saudara sehingga apa yang disampaikan pada kegiatan ini akan menjadi lebih bermanfaat serta menjadi salah satu cara untuk ikut menyukses pelaksanaan pemilu tahun 2019 ini," ucap Tugiono saat memberikan sambutan.

"Dengan sosialisasi ini, dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari tidak paham menjadi paham, serta dari yang tidak jelas menjadi jelas setelah mendapat pendidikan pemilu ini", tambahnya.

"Kami mustika Kecamatan Sui Kakap beserta staf, anggota, Kepala Desa, pelaksana pemilu, serta masyarakat Sui Kakap siap melaksanakan, siap mendukung, dan siap menyukses pemilu serentak tahun 2019 ini", pungkas Tugiono.

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat, Ramdan, S.Pd.I., M.Pd. mengucapkan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama yang telah dilakukan sehingga kegiatan sosialisasi ini dapat terlaksana.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program yang dirancang oleh KPU dalam rangka proses pendidikan pemilih dengan harapan agar masyarakat semakin paham arti penting pemilu yang akan kita laksanakan dalam beberapa hari kedepan", ucap Ramdan.

Informasi, pemilu kali ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia karena menyatukan 2 pemilu menjadi 1 yakni Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan Pemilu Legislatif Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

"Pemilih yang hadir di TPS pada hari pemungutan suara nanti akan mendapatkan 5 jenis surat suara dengan warna sampul yang berbeda-beda sesuai dengan jenis pemilihan", pungkasnya.

Menambahkan apa yang telah disampaikan oleh Ramdan, Anggota KPU Provinsi Erwin Irawan, S.Sos., M.Si. membidangi Divisi Teknis yang menjadi narasumber pada kegiatan ini menyampaikan bahwa 5 jenis antara lain Sampul warna abu-abu untuk pemilu presiden dan wakil presiden, sampul warna kuning untuk pemilu anggota DPR, sampul warna merah untuk pemilu anggota DPD, sampul warna biru untuk pemilu anggota DPRD Provinsi, dan sampul warna hijau untuk pemilu anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Masyarakat yang hadir mendapatkan informasi seperti apa bentuk serta jenis surat suara yang akan digunakan di TPS nantinya serta tatacara mencoblos surat suara pada hari pemungutan suara.

"Ayo datang ke TPS, gunakan Hak Pilih, pastikan surat suara yang diterima telah ditandatangani oleh Ketua KPPS serta pastikan suara yang anda berikan itu sah sesuai dengan aturan yang berlaku", himbau Erwin.(nzi)

'