Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019, Bersatu Kita Maju

By Redaksi  Senin, 28 Oktober 2019 14:13:54 WIB - dibaca 30 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Hari ini 91 tahun lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, berlangsung Kongres Pemuda dan menjadi hari lahirnya Sumpah Pemuda. Kongres ini menjadi bukti bahwa perjuangan pemuda dalam mengupayakan kemerdekaan telah berlangsung sebelum Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

KPU Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 di halaman kantor KPU Provinsi Kalimantan Barat, Senin (28/10/2019).

Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Ramdan, S.Pd.I., M.Pd. menjadi pembina upacara yang juga dihadiri oleh Ketua dan Anggota beserta Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dengan tema "Bersatu Kita Maju".

Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah bahwa komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda untuk mewujudkan cita-cita bangsa dapat diwujudkan hanya dengan persatuan.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang dibacakan oleh Ramdan menyampaikan ciri-ciri Pemuda untuk Indonesia maju, “Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia”.

“Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan,” tambahnya di hadapan peserta upacara.

Di akhir pesannya, Ramdan menyampaikan harapan agar semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

"Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia".

'