Smart Competiton for Election 2019, Agar Menjadi Agenda Rutin KPU Kalbar

By Redaksi  Kamis, 13 Desember 2018 10:10:44 WIB - dibaca 255 kali

kalbar.kpu.go.id - Diikuti oleh 9 Perguruan Tinggi dan 9 SMA/SMK sederajat di Kota Pontianak, Smart Competition for Election 2019 bertajuk "Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas" yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan IKIP PGRI Pontianak bertempat di Aula Lt. 4 Kampus IKIP PGRI Pontianak, Rabu(12/12) berjalan sukses serta meriah.

M. Lahir mengharapkan kerjasama yang telah dijalin ini dapat terus dijaga dan ditingkatkan sehingga kedepannya jika ada kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Acara ini dibuka langsung oleh Rektor IKIP PGRI Pontianak Rustam, M.Pd., Kons didampingi Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat Trenggani, S.Pd., Pejabat dilingkungan IKIP PGRI Pontianak dan jajaran, Kabag Hukum Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Kalimantan Barat serta jajaran.

"Kegiatan yang perdana dilaksanakan bersama IKIP PGRI Pontianak ini akan diharapkan menjadi agenda rutin bagi KPU Provinsi tiap tahun dan bekerjasama Perguruan Tinggi lain di Pontianak", ungkap Rustam saat memberikan sambutan.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan seluruh peserta yang ikut berpartisipasi serta mahasiswa dan seluruh masyarakat makin memahami makna Pemilu.

"Berkompetisilah dengan semangat dan jujur serta teruslah menggali pengetahuan sehingga saat melaksanakan Pemilu, mahasiswa dengan cerdas menggunakan hak pilihnya untuk menentukan wakil-wakil rakyat", tambahnya.

Rustam juga mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh KPU dengan melibatkan mahasiswa dalam kegiatan ini, karena kedepannya mahasiswa inilah yang akan menjadi penerus bangsa dan penentu bangsa kearah yang lebih maju.

Pilihlah sosok pemimpin baik itu presiden dan wakil presiden, anggota DPR, anggoat DPD, anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota yang dapat membawa negara kearah yang lebih maju.

"Mari gunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya, bukan karena kepentingan pribadi, bukan karena money politik, dan bukan karena kedekatan emosional namun pilihlah calon yang memiliki kompetensi, profesi, profesional, profesionalitas, serta memiliki profesionalisme", pungkasnya.

Trenggani selaku Divisi Sosialisasi, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor serta jajaran atas kerjasama untuk pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat atau Smart Competition yang merupakan program nasional karena dilaksanakan oleh seluruh KPU Provinsi di Indonesia.

"Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk sosialisasi kepada mahasiswa yang ada, selanjutnya mahasiswa juga dapat juga menyebarkan kepada masyarkat umum yang pada intinya bahwa pemilu pada 17 April 2019 itu merupakan pemilu untuk kita semua dan pemilu itu untuk kepentingan bangsa", ungkap Trenggani saat memberikan sambutan.

Dijelaskan, target partisipasi yang telah dicanangkan secara nasional adalah sebesar 77,5%.

"Pemilu saat ini merupakan pemilu pertama yang dilaksanakan, karena Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilaksanakan bersamaan dengan pemilu anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan anggota DPRD Kabupaten/Kota", tambahnya.

Trenggani menyerukan ajakan kepada seluruh peserta yang telah masuk dan akan masuk sebagai Daftar Pemilih dalam Pemilu Tahun 2019(berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara) untuk menggunakan Hak Pilihnya pada Rabu, 17 April 2019.

"Mari kita sambut pemilu dengan riang gembira, berbeda pilihan itu biasa namun persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap kita jaga", pungkasnya.

*Perwakilan UNTAN dan SMA 3 Peringkat 1
Dengan sistem gugur sesuai dengan tata tertib yang dibacakan oleh pembawa acara Yolanda dan Reza, dari tingkat perguruan tinggi yang berkompetisi akhirnya dihasilkan :
1. Peringkat 1 : Atika Wulandari Putri (Universitas Tanjungpura);
2. Peringkat 2 : Alpeno (IKIP PGRI Pontianak);
3. Peringkat 3 : Nilam Anjani (STIE Pontianak);
4. Peringkat Harapan 1 : Esin Maya Kasuwa (Universitas Panca Bhakti);
5. Peringkat Harapan 2 : Yusuf Gilang Ramadhan (Universitas Tanjungpura).

Sedangkan dari tingkat Sekolah Menengah Atas dihasilkan :
1. Peringkat 1 : Farchani Asih P (SMA Negeri 3 Pontianak);
2. Peringkat 2 : Jamaludin (SMA Negeri 3 Pontianak);
3. Peringkat 3 : Minen Reva (SMA Negeri 1 Pontianak);
4. Peringkat Harapan 1 : Andri Bayu Wiranata (MAN 1 Pontianak);
5. Peringkat Harapan 2 : Heni Susanti (SMA Immanuel Pontianak).(nzi)

'