Sosialisasi Pembentukan Badan Adhock

By Redaksi  Jumat, 28 Desember 2018 13:49:48 WIB - dibaca 56 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, Menjelang tahapan pembentukan badan adhock yaitu kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pemilu tahun 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat selenggarakan Sosialisasi Pembentukan KPPS, bertempat di Maestro Hotel Pontianak, Jumat(28/12).

Didampingi Anggota, Sekretaris, Pejabat, serta jajaran Sekretariat KPU Provinsi, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Barat Ramdan, S.Pd.I., membuka langsung kegiatan tersebut yang dihadiri dari berbagai elemen.

"28 Februari s.d. 27 Maret 2019 berdasarkan Peraturan KPU tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 akan dibentuk KPPS yang berjumlah 7 orang disejumlah TPS", ungkap Ramdan saat memberikan sambutan.

Dijelaskan, KPPS dibentuk oleh PPS untuk menyelenggarakan pemungutan suara di TPS. Tugas KPPS saat ini akan terasa lebih berat karena melaksanakan pemilu serentak yaitu Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, DPD, DPRD PRovinsi, dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

"Penting bagi KPU untuk mensosialisasikan pembentukan KPPS ini agar pada pelaksanaan dapat tersampaikan secara luas serta perlu dukungan serta keterlibatan dari masyarakat agar pelaksanaan dapat berjalan dengan baik", lanjutnya.

Trenggani selaku Divisi Sosialisasi selanjutnya menghimbau kepada mahasiswa yang hadir untuk ikut terlibat dalam KPPS yang akan dibentuk kedepannya.

"PPK telah terbentuk sejumlah 174 kecamatan di Provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah 5 orang, begitu juga PPS yang telah terbentuk", ungkap Trenggani.

Untuk diketahui, jumlah TPS untuk pemilu 2019 saat ini adalah sejumlah 16.474 dengan jumlah pemilih sebanyak 3.687.159 pemilih.

"Berdasarkan jumlah TPS, kami memerlukan personil sejumlah 115.318 orang sebagai KPPS. Hal ini dikarena KPPS di tiap TPS berjumlah 7 orang", jelasnya.

"Sedangkan untuk petugas ketertiban di tiap TPS sejumlah 2 orang dengan total 32.948 orang. Jika ditotal dengan KPPS maka total secara keseluruhan menjadi 148.266 personil sebagai penyelenggara pemilu 2019 di tingkat TPS", pungkasnya.(nzi)

'