Sosialisasi Pindah Memilih, Erwin : Segera Dapatkan Formulir A5 Bagi Yang Pindah Memilih

By Redaksi  Minggu, 17 Februari 2019 13:40:02 WIB - dibaca 254 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, "Dengan layanan pindah memilih, pemilih yang tidak berasal dikota asal tidak perlu khawatir akan hak pilihnya. Karena pemilih dapat mengurus formulir A5 di tempat asal maupun ditempat tujuan untuk dapat menggunakan hak pilihnya. Yang dimaksud dengan form A5 yaitu surat pindah memilih", ungkap Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat Erwin Irawan, S.So., M.Si. saat memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi pindah memilih.

Erwin menjelaskan bahwa Layanan pindah memilih diberikan kepada pemilih yang karena keadaan tertentu atau kondisi tertentu tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS yang bersangkutan serta memberikan kemudahan pada pemilih.

"Keadaan tertentu yang memungkinkan pemilih pindah memilih antara lain bekerja di luar domisilinya, menjalankan tugas saat pemilihan, menjalani rawat inap di rumah sakit, menjalani rehabilitasi narkoba, tahanan atau narapidana, kuliah atau tugas belajar atau karena terdampak bencana alam", tambahnya.

"Sehingga pemilih juga tidak perlu pulang ke daerah asal untuk dapat berpartisipasi pada pemilu serentak tahun 2019 menggunakan form A5. Perlu diingat bahwa pada pemilu kali ini, pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden dilaksanakan secara serentak bersamaan dengan pemilu legislatif yaitu DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota", lanjut Erwin.

"Jangan lupa saksikan Debat kedua Calon Presiden yang akan dilaksanakan pada hari ini(minggu) pada pukul 20.00 WIB yang akan disiarkan secara langsung oleh RCTI, MNCTV, GTV, dan INews serta Pastikan Anda Terdaftar Sebagai Pemilih", pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan di Halaman Ayani Mega Mall Pontianak bertepatan dengan acara Car Free Day, minggu(17/01) sekaligus Senam Zumba yang diikuti oleh ratusan peserta dengan instruktur Asrul. Peserta terlihat antusias mendengarkan sosialisasi yang diberikan dan kegiatan tersebut semakin marak dengan berbagai doorprize yang diberikan kepada peserta jika dapat menjawab kuis dari pembawa acara.(nzi)

'