Tatacara Pindah Memilih, KPU Kalbar Gelar Sosialisasi

By Redaksi  Senin, 11 Februari 2019 06:14:07 WIB - dibaca 380 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, "Ada beberapa keadaan tertentu kepada pemilih yang dapat mengurus surat keterangan pindah memilih atau biasa kita sebut form A5, salah satunya adalah kepada pemilih yang sedang kuliah/belajar seperti mahasiswa", ungkap Anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat yang membidangi Divisi Sosialisasi Trenggani, S.Pd.

"Selain mahasiswa, ada juga pegawai baik itu PNS maupun swasta yang bekerja diluar daerah yang tetap ingin menggunakan hak pilihnya pada hari pemungutan suara", lanjutnya.

Dijelaskan, beberapa keadaan tertentu pada pemilih untuk mengurus form A5 yaitu :
1. Pemilih yang bekerja diluar Domisili;
2. Pemilih yang sedang tugas belajar/menempuh pendidikan menengah atau tinggi;
3. Pemilih penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial/panti rehabilitasi;
4. Pemilih yang sedang menjadi tahanan di rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan;
5. Pemilih yang tertimpa bencana alam.
6. Pemilih yang sedang menjalankan tugas pada hari Pemungutan Suara;
7. Pemilih yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit atau puskesmas dan keluarga yang mendampingi;
8. Pemilih yang pindah domisili; dan/atau
9. Pemilih yang sedang menjalani rehabilitasi narkoba;

"Bagi pemilih yang akan mengurus form A5, KPU membuka layanan Pindah Memilih paling lambat 17 Februari 2019 dengan datang langsung ke kantor KPU Kabupaten/Kota atau PPS diwilayah tempat tinggal dengan membawa KTP-el atau Surat Keterangan", pungkas Trenggani.

Hal itu disampaikan disela-sela kegiatan sosialisasi yang terus dilakukan oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat terkait tatacara pindah memilih dengan memanfaatkan Area Car Free Day dan GOR Pangsuma Pontianak, Minggu(10/02).

Eka Sulastri selaku Kasubbag Teknis dan penggagas kegiatan ini juga menyampaikan bahwa sosialisasi akan terus dilakukan untuk selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kepemiluan sehingga target partisipasi dapat tercapai.

Kegiatan yang dilakukan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat yang hadir karena banyaknya masyarakat yang mendatangi stand yang disediakan.(nzi)

'