Peringatan Hari Pahlawan: Aku Pahlawan Masa Kini

By Redaksi  Minggu, 10 November 2019 06:20:00 WIB - dibaca 177 kali

kalbar.kpu.go.id - Pontianak, "Aku Pahlawan Masa Kini, demikian tema dari peringatan hari Pahlawan untuk membangkitkan motivasi dan inovasi-inovasi anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini sebagai upaya nyata untuk mempertahankan serta memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)" ucap Erwin Irawan, S.Sos., M.Si. saat membacakan amanat Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara pada pelaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan, Minggu(10/11).

Erwin yang bertindak sebagai Pembina Upacara memimpin KPU Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Upacara Bendera bertempat di Halaman Kantor KPU Provinsi Kalimantan Barat dengan khidmat.

Dilanjutkan mengheningkan cipta selama 60 detik, upacara berlangsung untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur demi mengusir penjajah untuk mencapai kemerdekaan bangsa dengan mengorbankan tenaga, harta, dan nyawa. Hal ini mengingatkan kepada kita semua bahwa kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini bukan sesuatu yang datang begitu saja namun merupakan sebuah perjuangan dan pengorbanan yang harus kita jaga dan teruskan.

"Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bagsa yang besar", ungkap The Founding Father kita yang lebih dikenal sebagai Bung Karno.

Kita selaku anak bangsa dapat Menjadi Pahlawan masa kini dengan melakukan aksi-aksi nyata untuk memperkuat keutuhan NKRI. Dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan dengan mengangkat senjata untuk mengusir penjajah, sekarang kita juga bisa dengan menorehkan prestasi diberbagai bidang kehidupan yang membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

"Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang", ucap Pahlawan Nasional Abdul Muis.

Menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini sebagai upaya yang terus menerus dilakukan untuk menjaga nilai kepahlawanan agar terjaga sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI tanpa pamrih. Seperti yang disampaikan oleh Pahlawan Nasional Moh. Hatta yaitu Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita.

Dengan Peringatan Hari Pahlawan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesasaran kita bersama untuk lebih mencintai tanah air dan menjaga keutuhan NKRI yang telah dibangun oleh para pejuang dan pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata agar tidak menjadi sia-sia dengan menjaganya hingga akhir hayat.

"Jangan sanjung aku, tetapi teruskanlah perjuanganku", pesan Pahlawan Nasional Silas Papare.(nzi)

'